Artikel Indonesia

Bila Si Kecil Menelan Benda Yang Asing


Banyak orang tua akan panik jika mendapati anaknya menelan benda asing, baik tertelan lewat mulut seperti serangga, manik-manik, kotoran, uang logam dll. Selain masuk lewat mulut bisa juga lewat telinga, hidung ataupun mata. Untuk mencegah agar anaka anda tidak memasukan benda asing kedalam organ tubuhnya sebaiknya jangan memberikan mainan yang terdiri dari bagian-bagian kecil. Berikut beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan bila memang sikecil sudah terlanjur kemasukan benda asing.
  • Telinga. Jika kemasukan serangga, miringkan kepala anak dan teteskan satu tetes air hangat kedalam telinga. Kemudian miringkan kembali kearah sebaliknya agar serangga dapat keluar. Tapi, jika yang masuk benda lain, segera cari bantuan medis.
  • Mata. Buka kelopak mata dengan jari dan hilangkan benda asing dengan menggunakan sudut kain yang halus, bersih dan lembap. Jika cara diatas tidak bisa mengeluarkan benda asing, angkat kelopak mata dan bilas dengan air bersih secara perlahan-lahan.
  • Hidung. Tutup lubang hidung yang tidak tersumbat dengan jari anda. Buka mulut anak dan tiup. Benda tersebut akan keluar melalui lubang yang tidak tertutup dengan jari anda. 
Semoga bisa bermanfaat bagi anda, silahkan tinggalkan saran dan komentar anda di kotak komentar. Komentar anda akan membuat kami lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar