Artikel Indonesia

Sketsa Rumah

Sketsa rumah merupakan gambaran tangan dari seseorang yang merupakan cetusan ide, imajinasi dalam mendesain suatu rumah yang dituangkan dalam lembaran kertas. Pada akhirnya sketsa ini akan menjadi suatu masterpiece dalam pembangunan rumah Anda. Biasanya arsitek juga melakukan beberapa coretan dasar untuk membuat suatu desain yang nantinya akan dijadikan layout rumah secara lebih detail dengan ukuran dan perbandingan yang jelas.
Jika anda ingin membangun rumah, tentu anda ingin rumah yang sesuai dengan keinginan dan rancangan gambar layout yang Anda inginkan bukan? Bila Anda memiliki ide untuk membangun rumah, Anda bisa membuat sketsa rumah sendiri. Atau Anda yang merasa kurang memiliki kemampuan untuk membuat sketsa, Anda bisa minta bantuan seorang arsitek untuk membuat sketsa sesuai dengan ide dan imajinasi Anda.
Apakah bisa seseorang mendesain rumah berawal dari hasil coretan anda sendiri? Ya Bisa! Arsitek yang baik adalah arsitek yang memahami setiap coretan anda. Tetapi kalaupun Anda tidak mau corat coret, biasanya arsitek bisa membaca dari ungkapan, setiap perkataan yang Anda sampaikan. Nah, dari sinilah awal mula sebuah rumah idaman Anda dikerjakan.
Apakah sulit membuat sketsa rumah sendiri? Setiap orang tentu akan menjawab hal ini berbeda-beda. Saat ini ada banyak buku-buku dan majalah tentang desain rumah,  ataupun website-website tentang arsitektur yang dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk perancangan rumah tinggal Anda.
Jika Anda membuat sketsa rumah sendiri, tentunya ada beberapa keuntungan maupun kerugiannya, yaitu:
1. Segi ekonomis: Mendesain sketsa rumah sendiri tentu memiliki keuntungan ekonomis yang lebih besar dibandingkan Anda menggunakan jasa arsitek untuk membuat layout rumah. Anda tidak perlu merogoh kantong jika Anda mendesain sketsa layout rumah sendiri, bukan?
2. Segi praktis dan efisien: Mendesain gambar rumah dengan jasa arsitek tentu memiliki segi praktis dan lebih efisien yang lebih ketimbang Anda mendesain gambar sketsa sendiri. Jika tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan jasa arsitek. Mengingat dalam hal membangun bangunan sketsa rumah seperti ini adalah memang pekerjaan yang dilakukan oleh arsitek, maka Anda dapat sekali mempercayakan  kepadanya. Anda tentu tinggal memberikan gambar sketsa dan ekspektasi yang Anda inginkan sesuai dengan lahan yang tersedia. Selebihnya biarkan arsitek yang mendesainkannya untuk Anda.
3. Segi kreatifitas: Jika Anda memiliki kreatifitas yang cukup, ide-ide Anda dapat Anda tuangkan dalam desain yang Anda rencanakan. Bagi Anda yang membuat desain rumah sendiri, kreatifitas tersebut dapat sepenuhnya Anda tuangkan dalam desain yang Anda kerjakan sendiri atau dikolaborasikan dengan ide-ide dari keluarga yang membantu pembangunan rumah tersebut. Jika Anda menggunakan jasa arsitek, semua ide-ide Anda juga dapat Anda tuangkan bersama dipadukan dengan ide-ide dari sang arsitek.
Hal yang paling penting dalam membuat sketsa rumah adalah gambar lay out desain rumah (bangunan utama) dari lahan yang ada. Gambar didesain dan disesuaikan dengan lahan yang ada. Anda juga perlu membuat skala yang sesuai agar cocok ketika akan dibangun. Jika Anda ingin mendesain hal lain juga boleh, untuk bangunan sekunder juga boleh. Atau untuk desain lain seperti desain taman, penempatan tata letak jalan, septic tank, perembesan air, desain kelistrikan, pembuangan air kotor dan air hujan, saluran pembuangan dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar